Selasa, 23 April 2024

MENULISLAH SETIAP HARI


 Pemateri      : Dr. Wijayah Kusumah, M.Pd. (Omjay)

Moderator    : Muliadi

Pertemuan   : 1

Waktu           : Senin, 22 April 2024


Hari yang sungguh menggembirakan dimana merupakan hari pertama melaksanakan tugas mengajar setelah libur panjang. Malam ini juga sangat berkesan karena dipertemukan dengan guru-guru penulis hebat. Saya masih termasuk guru pemula, dimana belum pernah mengeluarkan buku solo, hanya sebatas antologi. Dengan niat yang besar dan doa saya berusaha untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik, tentunya tetap butuh dukungan rekan KBMN Angkatan 31 serta tim solidnya Omjay.


Pertemuan pertama ini kita diajak untuk menyelami kebiasaan menulis setiap hari, dengan kebiasaan ini diharapkan menjadi seorang penulis hebat dan sukses. Materi ini langsung dibawakan oleh Omjay yang sudah melahirkan banyak tulisan yang sangat menarik dan relevan khususnya bidang pendidik.


"Menulis merupakan suatu kebutuhan karena menulis itu pekerjaan yang sangat menyenangkan", ucap Omjay.

saya sangat sependapat dengan yang diuc apkan Omjay, dimana kita sering menulis tetapi di media sosial seperti facebook, instagram, dll.


Lebih lanjut Omjay menyampaikan tips dengan menulis tiga alinea yaitu pembukaan, isi tulisan, dan penutupan. Mantra ajaib inilah yang membuat beliau menjadi penulis handal. Tulisan hariannya dapat kita lihat di https://kompasiana.com/wijayalabs

Beliau juga menyarankan agar semua peserta melakukan pembiasaan menulis di blog pribadi. Kita juga diajarkan dan diberi panduan bagaimana membuat blog dari link https://blogger.com. Kita juga berkesempatan membaca dan belajar berbagai hal dari blog Omjay

https://wijayalabs.blogspot.com.

https://omjaylabs.blogspot.com

Tips selanjutnya yang dibagikan beliau adalah menjaga konsistensi dan berusaha komitmen dalam diri untuk berjanji menulis setiap hari. Minimal kita menulis dan membaca tulisan orang lain. Misalnya meninggalkan jejak dengan cara menuliskan komentar. Saling berkunjung di blog orang lain.

Tulisan kita dapat dikembangkan dengan 5W + 1H (What, who, when, where, why, how) rumus ini akan memunculkan ide saat menulis. Menulis juga dapat menghasilkan uang. Seperti contoh dari tulisan viral Jangan Mau Ikut Program Guru Penggerak.


Tidak hanya sebatas teori, Omjay juga mengajak peserta berkreasi dalam menulis melalui media gambar "kucing". Semua peserta sangat antusias menulis dengan kreasi masing-masing. Namun, sayang saya belum beruntung mendapat hadiah gopay dari Omjay. Hadiah terbaik yang saya dapat adalah ilmu baru dan tentunya sangat bermanfaat.


Semoga kedepannya saya dan rekan KBMN PGRI Gelombang 31 dapat menyelesaikan program ini dan menjadikan menulis suatu kebiasaan baik setiap hari.



semangat selalu

Tiarma Naibaho_SMPN 26 Depok

2 komentar:

  1. Keren resumenya, tampilan blognya juga seru. Semangat menulis dan berkarya.

    BalasHapus

DIKSI DAN SENI BAHASA

Narasumber         : Maydearly Moderator             : Mutmainah, M.Pd. Pertemuan            : 19 Hari, Tanggal       : Rabu, 26 Juni 2024  ...