Senin, 24 Juni 2024

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

 



Narasumber         : Eko Daryono, S.Kom
Moderator            : Muliadi, M.Pd.
Pertemuan            : 18
Hari, tanggal        : Senin, 24 Juni 2024


Tidak terasa saat ini KBMN PGRI Gelombang 31 sudah memasuki pertemuan ke-18, artinya sudah lebih dari setengah perjalanan kegiatan ini. Malam hari ini topiknya mengingatkanku akan karya tulis yang pernah ditulis hanya untuk keperluan kenaikan pangkat. Apakah karya tersebut dapat dibukukan? Malam ini kita akan belajar lebih dalam terkait hal tersebut. 

Malam ini kita akan dibersamai oleh bapak Eko Daryono, S.Kom. profil beliau dapat kita ketahui dalam https://maseko1275.blogspot.com/2021/11/profil.html#more 

Seperti pertemuan sebelumnya agenda kita terdiri dari

  1. Pembukaan
  2. Sajian materi oleh narasumber 
  3. Tanya jawab 
  4. Penutup

APA ITU KARYA TULIS?

“Karya tulis ilmiah merupakan tulisan perseorangan atau kelompok dari hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, dan pemikiran sistematis yang yang memenuhi kaidah ilmiah (Peraturan Kepala LIPI Nomor 2 Tahun 2014).

Secara umum KTI ada dua yaitu KTI Nonbuku dan KTI Buku


Semua jenis KTI dalam bagan di atas dapat dikonversi menjadi buku, Semua jenis KTI dalam bagan di atas dapat dikonversi menjadi buku.
Mengapa kita harus memahami hal tersebut? karena kegiatan konversi berdampak signifikan pada KTI aslinya. Jika kita ingin buku hasil cetak mirip dengan buku aslinya, maka sulit untuk mendapatkan ISBN mengingat ketentuan dari perpusnas bahwa buku yang ber-ISBN lebih mengarah pada buku pengetahuan populer. Solusinya jika menghendaki KTI asli menjadi buku maka bisa memakai QRCBN karena QRCBN bisa untuk self publishing, maka tidak akan saya bahas.

5 formula membuat buku dari Karya Ilmiah.

Pertama, Formula Judul
Judul buku hasil konversi suka tidak suka harus dirubah terlebih jika judulnya menunjuk terminologi waktu dan tempat. 
Contoh 
Judul asli : Model Pengembangan Strategi Sweet Love Dalam Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Y.
Judul buku yang sudah keluar ISBN : STRATEGI SWEET LOVE MEMBANGUN KOMPETENSI GURU
Contoh untuk judul dari penelitian kuantitatif : PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOMPETENSI LITERASI DIGITAL DAN CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT (CPD) (Analisis Sequential Explanatory Pada Guru Z)
Judul Buku : Guru dan Katalisator Kualitas Pembelajaran

Kedua, Formula Isi
Jika judul berubah, bagaimana dengan isinya? Isi buku praktis berubah menjadi non penelitian, maksudnya tidak lagi mendeskripsikan sebuah penelitian. Bagian asli yang masih bisa dipakai dari karya ilmiah adalah bagian latar belakang di bab I dan bagian-bagian teoritisnyaBagian asli yang masih bisa dipakai dari karya ilmiah adalah bagian latar belakang di bab I dan bagian-bagian teoritisnya. Bagian asli yang masih bisa dipakai dari karya ilmiah adalah bagian latar belakang di bab I dan bagian-bagian teoritisnya.
Untuk bab 3,4,5 yang berisi metode, hasil dan kesimpulan sudah tidak nampak lagi terkhusus untuk penelitian kuantitatif. Adapun untuk karya ilmiah kualitatif, hasil penelitian masih bisa terpakai dengan catatan tidak lagi mengarah pada hasil penelitian, namun bahasanya sudah disesuaikan dengan bahasa pengetahuan umum.


Ketiga, Formula Struktur Penulisan

Perlu diperhatikan bahwa buku hasil konversi tidak lagi mengenal bab, sub bab, list paragraf.  Jadi struktur penulisan tidak lagi terbingkai secara formal dan cenderung terputus-putus, namun dibuat narasi yang mengalir.

tidak berbentuk seperti pada KTI

untuk list paragraf sebaiknya dibuat dalam bentuk narasi
contoh dalam KTI

untuk buku diubah menjadi bentuk narasi



Keempat, Formula Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam buku konversi diupayakan tidak formal selayaknya penelitian, misal seperti gaya kutipan.
Contoh



Kelima, Formula Kaidah Buku ISBN

Untuk pengajuan buku berisbn, naskah dilengkapi dengan keaslian karya, sudah siap cetak, minimal halaman isi 50 hal, format buku bacaan umum. Untuk mengkonversi karya ilmiah memang butuh *sense of writer* .
Contoh buku yang sedang digarap oleh penulis berjudul : PEMENUHAN KASIH SAYANG ORANG TUA DAN DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD X.
agar judunya lebih menjual dan menarik narasumber menggantinya menjadi The Power of Parental Love (Dukungan Kasih Sayang dalam Membentuk Keberhasilan Akademis Anak.


TANYA JAWAB

1. Apa yang dimaksud dengan komunikasi pendek? (Achienk)
Komunikasi pendek merupakan model karya ilmiah yang hanya memuat point-point utama dari hasil penelitiannya. Jadi hanya point inti saja yang disajikan dan itupun dalam bentuk sangat ringkas. 


2. Apakah segmen pembaca dapat mempengaruhi gaya penulisan buku konversi?
Bisa. Pembaca yang akan disasar memang dapat menjadi preferensi bagaimana seorang penulis membuat gaya penulisan. Contoh konversi buku hasil disertasi yang umumnya disasar adalah lingkungan kampus tentu disesuakan dengan gaya para akademisi

3. Asep_Banyuasin Sumatera Selatan 
Pertanyaan: Saya pernah mau membuat buku dari Skripsi, ketika saya cek plagiat, eh plagiatnya tinggi. Yang aneh skripsi saya dibuat tahun 1991, tapi yang dijadikan plagiatnya artikel/makalah/Skripsi tahun 2020. Jadi saya malas. Nggak jadi buat buku. Bagaimana mengatasi yang seperti itu ?

Jika memang karya tersebut asli karya Bapak maka Bapak bisa mengajukan keberatan kepada penulis yang memplagiat atau melaporkan kepada institusinya. Jika keberatan diterima maka Bapak akan menjadi pemilik sah dan file plagiasinya akan ditarik. 

4.  (Antoro_Jakarta Timur) Dalam menyusun formula  pertama hingga kelima. Apakah bisa kita susun sendiri ataukah kita serahkan pada ahlinya?
Sebenarnya untuk mengkonversi, bisa dilakukan secara mandiri. Kembali kepada *sense of writer*. Sebenarnya kitalah yang lebih tahu akan kita kemanakan buku kita. Namun yang belum terbiasa mungkin dapat meminta saran atau masukan dari ahlinya.

Jangan biarkan karya ilmiah kita hanya menjadi dokumen berdebu di rak almari pajang. Pertemukan dan jodohkan karya ilmiah kita dengan berjuta-juta pembaca yang telah menantikannya. Konversilah menjadi buku dan yakinlah bahwa buku karya kita akan menemui takdir terbaiknya (Eko Daryono, S.Kom)


Terima kasih Bapak Eko
Terima kasih TSO
Terima kasih rekan KBMN PGRI Gelombang 31

6 komentar:

DIKSI DAN SENI BAHASA

Narasumber         : Maydearly Moderator             : Mutmainah, M.Pd. Pertemuan            : 19 Hari, Tanggal       : Rabu, 26 Juni 2024  ...