Rabu, 19 Juni 2024

PEMANFAATAN BUKU DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN

 


Narasumber        : Nur Dwi Yanti, M.Pd. 
Moderator           : Roliyanti
Pertemuan          : 17
Hari, Tanggal      : Rabu, 20 Juni 2024

Saat ini siapa yang tak kenal dengan dunia digital. Dunia digital telah menjadi bagian dari hari- hari kita. Tua, muda, semua akrab dan tak bisa lepas dari digital. Dalam kepenulisan Era paper mode telah tergantikan dengan era digital. E-book atau Buku Digital, menjawab tantangan era sekarang. Anda mungkin salah satu peminat buku digital ini.  Bagaimana menjadikan kita dari peminat buku digital menjadi penulis dan kreator buku digital? 
Kelas malam ini hadir untuk menjawab tantangan saat ini bersama pakar IT, yang akan menjawab segala tanya kita tentang Wujudkan Merdeka Belajar: Pemanfaatan Buku Digital dalam Pembelajaran, dengan Narasumber Ibu NDY (Nur Dwi Yanti).

Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Baru

Memerdekakan guru dan siswa dari berbagai peraturan dan beban administrasi yang selama ini dianggap menghambat proses belajar mengajar.  Kebijakan ini diluncurkan pada tahun 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, nadiem Makarim dengan tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih bermakna dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Apa Keunggulan Buku Digital?

Keunggulan buku digital dibandingkan dengan buku cetak.

  1. lebih praktis dan mudah dibawa
  2. lebih interaktif
  3. lebih murah
  4. lebih ramah lingkungan
  5. dapat diperbaharui
  6. lebih mudah diakses

Apa Saja Jenis Buku Digital?

  1. ebook: Buku digital yang diformat dalam bentuk file elektronik, seperti pdf, EPUB, atau MOBI
  2. Audiobook: buku digital yang disajikan dalam format audio sehingga siswa dapat mendengarkannya tanpa harus membaca
  3. Ebook interaktif: buku digitgal yang dilengkapi dengan fitur interaktif seperti video, animasi, dan game edukasi.
  4. Educational Apps: Aplikasi edukasi yang berisi materi pembelajaran dalam format digital.
Memanfaatkan Buku Digital untuk Pembelajaran yang Inklusif dan Berdiferensiasi?

Gunakan buku digital yang tersedia dalam berbagai format
gunakan buku digital yang dilengkapi dengan fitu-fitu aksesibilitas
memberikan tugas dan kegiatan belajat yang beragam
berikan dukungan dan bimbingan individu kepada siswa.

Buku Digital Apa Saja yang Dapat Diakses Gratis di Indonesia?
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Platform Merdeka mengajar

Aplikasi membuat ebook
PDF
Google Doc

Membangun Mimpi: Membuat Buku Digital untuk menunjang Pembelajaran
  1. Pilih topik dan sasaran. Pilihlah topik sesuai dengan kurikulum dan materi pembelajaran yang diajarkan di kelas. Tentukan target siswa, termasuk usia, tingkat perkembangan, dan minat siswa saat membuat konten buku digital.
  2. Konten yang menarik dan bermakna. Gabungkan teks, gambar, dan multimedia, siapkan ilustrasi, foto, video, atau audio untuk membuat konten yang lebih menarik dan interaktif. Gaya bahasa yang lugas: gunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa namun tetap informatif dan sesuai dengan semua jenjang pendidikan
  3. Desain dan antarmuka. Tata letak yang rapu dan memperhatikan estetika untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi buku. Gunakan font yang jelas dan ukuran yang sesuai untuk kenyamanan membaca di layar digital. Navigasi yang mudah, pastikan struktur buku digital mudah diakses dan dinavigasi seperti adanya daftar isi dan penanda halaman.
  4. Uji coba dan Revisi. Minta umpan balik, lakukan uji coba digital dengan beberapa siswa untuk mendapatkan masukan tentang konten, desain, dan kemudahan penggunaan. Revisi dan perbaiki berdasarkan umpan balik, lakukan revisi dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas buku digital anda.
Banyak media yang bisa kita gunakan dalam membuat buku digital yang sangat menarik seperti google slide, canva, google docs, dll. Pada kegiatan malam ini, kita juga berlatih dalam penggunaannya. Kegiatan berlangsung interaktif dan menyenangkan. Saya berharap nanti akan ada pelatihan khusus untuk setiap aplikasi tersebut.

Terima kasih Ibu NDY
Terima kasih TSO
Terima kasih KGBN PGRI Gelombang 31



3 komentar:

DIKSI DAN SENI BAHASA

Narasumber         : Maydearly Moderator             : Mutmainah, M.Pd. Pertemuan            : 19 Hari, Tanggal       : Rabu, 26 Juni 2024  ...